Sabtu, 04 Mei 2013

BIGBANG atau CN BLUE..?


Beberapa minggu yang lalu, seorang teman bertanya dengan sangat keheranan ketika melihat playlist Mp3 saya yang berisi lagu milik salah satu band terkenal Korea CN BLUE. Teman saya tersebut menanyakan, “kenapa sampai saya bisa menyukai CN BLUE dan tak lupa pula menanyakan apakah saya sudah berpaling dari BIGBANG (boyband Korea yang tengah naik daun)”. Dengan tersenyum, saya hanya menjawab “BIGBANG tetap no. 1 sedangkan CN BLUE setelahnya.” Mendengar jawaban saya, teman tersebut kembali bertanya, “Apa yang saya suka dari CN BLUE?” dan lagi, sambil tersenyum saya menjawab “Saya suka CN BLUE karena ada Yong Hwa dan Minhyuk. Yong Hwa keren dan Minhyuk sumpah imuttt. hehehe." Sontak saja, mendengar jawaban saya, teman-teman saya tertawa terbahak-bahak. “wah,,, ternyata seperti itu toh” katanya. Dari intonasi dan kalimatnya, bisa saya tebak kalau dia pasti menganggap  saya menyukai CN BLUE hanya karena tampangnya saja. Hehehe.

Sebenarnya, saya mulai mengenal CN BLUE setelah melihat MV salah satu hits pertama mereka yang berjudul I’am a Loner. Dari MV tersebut saya melihat vokalis utamanya yaitu Jung Yong Hwa dan Drumernya yaitu Kang Min Hyuk. Jujur saja, saya sedikit agak kaget melihat MV tersebut. Saya sudah lama mengenal Jung Yong Hwa di salah satu Variety paling popular Korea yaitu Running Man, namun tidak pernah mengetahui kalau ternyata Yong Hwa merupakan seorang vokalis. Yong Hwa sangat sering menjadi guest dalam acara Running Man (RM). Saat bermain di Running Man, Yong Hwa adalah salah satu guest yang cerdik dan satu-satunya guest yang mampu mencabut name tag Kim Jong Kook (member Running Man Paling tangguh). Saat  menjadi guest RM, Yong Hwa terkadang menjadi ace bagi tim Yoo Jae Suk (member RM yang selalu melawan Jong Kook). Yong Hwa juga merupakan orang yang mampu menyesuaikan diri dengan variety. Banyak artis Korea terkenal, yang susah untuk menyesuaikan diri dengan variety show. Pun termasuk didalamnya yaitu sebagian personil dari BIGBANG minus Kang Daesung. 

Saya semakin mengenal Yong Hwa, ketika dia memerankan tokoh Lee Sin dalam sebuah drama berjudul Hearstring. Untuk Kang Min Hyuk sendiri, saya juga sudah lama mengenalnya dari sebuah lagu yang dia nyanyikan yang berjudul Star Heartstring (OST. Heartstring), dan baru sedikit lebih mengenalnya ketika dia menjadi pemeran tokoh Joon Hee, juga dalam drama Heartstring. Setelah menonton MV I’am a Loner, saya segera menanyakan ke kakak saya, yang sudah sedikit lama mengenal tentang Korea dibanding saya. waktu itu, saya menanyakan “apakah Yong Hwa dan Min Hyuk itu personil CN BLUE? Dan apakah band yang ada dalam drama Hearstring itu CN BLUE?” Kakak saya menjawab “Yappy. Min Hyuk dan Yong Hwa itu personil CN BLUE. Dan hanya mereka berdua yang bermain dalam drama Heartstring.” Setelah mendengar penjelasan itu, saya mulai mencari di Youtube lagu yang dimiliki CN BLUE. Saat itu, MV pertama yang muncul yaitu “LOVE”. Saya pun segera memutarnya. Dan, disinilah saya mulai jatuh cinta dengan CN BLUE. Lagu ini ringan dan sedikit lucu. Dari 2 lagu CN BLUE (Love dan I’am a loner) yang saya dengarkan, saya sudah mengenal kekhasan dari Band tersebut. Dan setelah beberapa kali mencari dan mendengarkan lagu lain, apa yang saya pikirkan benar. Lagu CN BLUE termasuk easy learning. Jika dibandingkan dengan BIGBANG, lagu CN BLUE sedikit lebih mudah untuk saya nyanyikan. Hehehe.

Jika membandingkan personil dari BIGBANG dan CN BLUE, jujur saja saya harus berpaling dari BIGBANG. Personil CN BLUE lebih memiliki karakter kuat dibanding dengan BIGBANG. Formasi CN BLUE sangat pas. Yong Hwa (Leader dan main vocal) sangat keren, Jong Hyun (gitaris dan second vocal) tergolong cakep, Jongshin (Bassist) terbilang cool dan Minhyuk (Drumer) adalah imuttt.. Hehehe. Di CN BLUE, tidak ada yang menonjol saat mereka konser. Semua pada posisi masing-masing. Dan yang paling penting, Yong Hwa sebagai leader dan pencipta lagu, mampu membagi tugas serta menempatkan suara masing-masing personilnya diposisi yang tepat. Hal ini yang masih kurang dalam tubuh BIGBANG. Saat konser, Taeyang (Second Leader) tampak selalu menonjolkan keahliannya sebagai dancer. Terlalu banyak improvisasi, sehingga terkadang saya merasa kalau panggung hanya milik dia sendiri. Pendapat saya ini juga sangat disetujui oleh salah seorang teman saya yang pernah melihat rekaman konser BIGBANG. Dia mengatakan kalau Taeyang terkadang terlalu berlebihan pada saat konser. Bahkan dia juga mengatakan, kalau pembagian suara dalam BIGBANG itu sedikit curang. Karena TOP dan Daesung yang memiliki vocal yang bagus, terkadang hanya diberi 2 part. Sedangkan Taeyang dan Seungri diberi beberapa part lebih. Hal ini juga sangat saya setujui. Jika dilihat dari semua lagu BIGBANG, part TOP dan Daesung terbilang sedikit dibanding dengan yang Lain. Padahal, karakter vocal merekalah yang sangat kuat.

Jujur saja, di BIGBANG saya hanya menyukai 1 orang yaitu Kang Daesung. Main vocal dari BIGBANG ini sudah saya kenal setahun lebih. Saya menyukai Daesung karena karakternya yang selalu happy. Dia adalah Happy Virus di BIGBANG. Meski tidak secerdas dan sekeren Yong Hwa, Daesung lebih terkenal dalam dunia Variety Show. Pernah menjadi member tetap sebuah Variety show terbaik korea bersama Yoo Jae Suk membuat Daesung sangat dikenal di dunia Variety. Ditambah dengan ketenaran BIGBANG, Daesung melejit jauh. Memang jika dibandingkan dengan CN BLUE, BIGBANG dibawah naungan YG Production merupakan boyband terkenal. BIGBANG juga merupakan boyband Korea yang mampu memenangkan salah satu penghargaan di EMA (Europe Music Award) mewakili Asia. Musik BIGBANG lebih berwarna, dan entah kenapa saya selalu saja punya rasa kangen dengan BIGBANG setiap saat. Rasa yang tidak dimiliki oleh boy or girl band lain, juga termasuk CN BLUE saat ini. Dan hal itulah yang menjadi pembeda antar keduanya. Pembeda posisi mereka. BIGBANG First, CN BLUE second. And who’s next? Molla ( I don’t know). ^:^


*Atas BIGBANG. Bawah CN BLUE


#CeritaBulanMei
Tulisan ini termasuk dalam "permainan menulis" dengan salah satu teman kerreenn, yang sama-sama ingin belajar menulis. :)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar