Jumat, 12 Juli 2013

40 % (Balada Tugas Akhir)

Masih dengan kondisi yang sama. Aku masih stuck diposisi 40% pengerjaan tugas akhirku. Masih setia bermain dengan angka dan rumus pada lembar SIG IV (lembar pengaturan waktu lampu lalu lintas). Ntah kenapa nilai yang kudapatkan pada lembaran ini berakhir minus. Suatu hal yang mustahil didapatkan dalam hal perhitungan kendaraan dan lampu lalu lintasnya. Sudah lebih 10 kali aku mengulang kembali lembaran itu. Membuka kembali kamus Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) ku, takut aku yang salah dalam pemasukan rumus dan angka. Namun, hasilnya masih sama saja. Jika tak kudapat angka minus, beberapa rumus harus kuubah yang berarti MKJI tak lagi menjadi pedoman dan patokanku. Jika saja aku mampu mendapatkan angka plus meskipun nilainya lebih besar dari 0.8 (batasan nilai Derajat kejenuhan), aku sudah bisa melanjutkan perhitungan ke lembaran SIG V (lembar pengaturan panjang antrian). Aku sudah sangat berharap untuk bisa melangkah ke SIG V dan bisa melangkah ke persiapan bab IV dan bab V.
Sebenarnya, tugas akhirku merupakan tugas akhir yang bisa dibilang mudah. Cukup berpatokan pada MKJI, jika semuanya tepat, maka hasil yang keluar bisa segera diterapkan. Tapi, entah kenapa aku justru malas mengerjakannya. Malasku sebenarnya sedikit beralasan. Karena jika sudah mentok pada satu rumus, aku harus meninggalkan rumus tersebut sekitar 3-7 hari. Lalu kemudian mengerjakannya lagi, atau mendapatkan ilham untuk mengubah seluruh bagian. Tapi, (lagi-lagi) entah kenapa SIG IV menahanku. Meski hampir semua bagian kuubah, kuperbaiki, dan kuhitung ulang. -_-
Rasanya ingin lari dan meninggalkannya. Tapi, target lulusku tahun ini memaksaku untuk harus terus mengulang dan mengulangnya. Meski dengan hasil yang hampir sama disetiap pengulangannya. Meski dengan tingkat jenuh yang diatas ubun-ubun. Dan meski dengan keterbatasan tempat bertanya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar