Rabu, 18 Desember 2013

Anies Baswedan



Akhir-akhir ini nama Anies Baswedan populer dimana-mana. Terutama dikalangan anak muda terpelajar. Pak Anies Baswedan memang bukanlah orang baru terkenal. Beliau adalah pencetus program Indonesia Mengajar yang saat ini program tersebut telah sukses membuat para muda-mudi berprestasi Indonesia untuk turut andil dalam memajukan pendidikan di beberapa desa terpencil.

 
Anies Baswedan.
Pertama kali mendengar nama itu pada saat ayah saya sedang menonton sebuah acara TV, 3 tahun yang lalu (Saat itu, saya masih seorang mahasiswa baru). Waktu itu, ayah sempat memberikan komentar bahwa Pak Anies Baswedan adalah seseorang yang cerdas. Meski mendengar bahwa Pak Anies Baswedan adalah seorang yang cerdas, saat itu saya sama sekali belum tertarik untuk mencari tahu tentang beliau.

Beberapa bulan kemudian, beberapa teman kakak saya bercerita dan sedikit bertukar pikiran tentang program Indonesia mengajar. Begitu mendengarnya, tentu saja saya langsung sangat tertarik. Dengan penuh seksama, saya mendengarkan percakapan mereka. Karena sangat tertarik, malam harinya sayapun segera mencari tahu tentang program tersebut. Banyak artikel yang berkaitan dengan program Indonesia Mengajar, dan saya mendapati nama Pak Anies Baswedan sebagai penggagas program tersebut. Daaaaan, saat itulah saya mulai mengagumi Pak Anies Baswedan.

Tak berselang dari hari itu, ntah kebetulan atau bukan. Acara TV Favorit saya, Kick Andy mendatangkan tamu-tamu dari Indonesia Mengajar. Mereka yang datang adalah Pengajar Muda Indonesia Mengajar. Mereka adalah muda-mudi Indonesia yang sangat berprestasi. Saya sempat tidak percaya pada seorang bintang tamu yang juga sebagai Pengajar Muda. Ia  rela meninggalkan pekerjaannya di Singapura hanya untuk kembali ke Indonesia dan mengabdi sebagai pengajar muda dipelosok Indonesia. Saya sempat tak habis pikir kepada orang itu. Tapi setelah mendengar alasannya, sayapun berbalik menjadi sangat bangga kepada orang itu. Sungguh mulia hatinya, Meninggalkan sejumlah kenyamanan demi membantu memajukan pendidikan Indonesia dan menjadi seseorang yang bisa memotivasi anak-anak dipedesaan untuk bersekolah dan bermimpi besar sepertinya. Di acara Kick Andy saat itu, hadir pula Pak Anies Baswedan. Untuk pertama kalinya saya melihat beliau melalui acara TV. Dan, makin bertambahlah kekaguman saya kepada beliau setelah melihatnya berbicara saat menjawab pertanyaan dari Andy F. Noya. Jawaban beliau singkat namun jelas. Satu hal (lagi) yang saya suka dari beliau, yaitu senyum khasnya. Hehehe. 

Setelah acara itu, saya mulai menjadi pengagum beliau dan menjadi seorang pengoleksi tulisan para Pengajar Muda Indonesia Mengajar. Meski hanya melalui tulisan di blognya (para pengajar muda), banyak ilmu yang bisa saya dapatkan dari setiap cerita para pengajar muda Indonesia Mengajar. Setiap selesai membaca tulisan mereka, saya selalu berniat untuk ikut menjadi pengajar muda. Namun Sayangnya, sampai saat ini saya bukanlah seseorang yang berprestasi dan belum mampu menjadi inspirasi buat orang lain. :'(

Tidak hanya sampai ditahun itu, saat ini Pak Anies Baswedan kembali membuat saya terkagum-kagum. Sewaktu mendengar beliau mengikuti konvensi partai Demokrat kemarin, jujur saya sedikit kecewa. Saya takut pak Anies malah ikut-ikutan ngeparpol dengan segala macam baliho-baliho yang tidak jelas berjejeran dipinggir jalan. Saya takut pak Anies masuk dalam dunia hitam perpolitikan Indonesia. Tahukan Politik Indonesia saat ini kotornya minta ampun. Tapi, kekecewaan itu hanya sementara. Setelah melihat video saat beliau mengikuti konvensi dan membaca tulisan dari Pandji Pragiwaksono tentang keputusan beliau untuk ikut dalam pertarungan Pilpres 2014 mendatang, saya kembali terpukau. Dengan jargon "AYO TURUN TANGAN..!", Pak Anies Baswedan mengajak seluruh lapisan masyarakat, entah itu tua ataupun muda untuk ikut langsung dalam memperbaiki negara ini dan bersama-sama menyelesaikan masalah yang ada. Bersama-sama melunasi janji republik ini. Rame-rame menjadikan Indonesia lebih baik.

Jujur saja, sempat terlintas dalam benak saya untuk tidak ikut memilih pada Pilpres mendatang. Kenapa? Jawabannya, tentulah karena saya takut memilih calon yang salah. Takut ditanyain di akhirat kenapa pilih calon kek gitu.. hehehehe. Tapi, setelah mengetahui Pak Anies Baswedan akan ikut bertarung, niat tersebut pun saya batalkan. Saya ingin membantu beliau, dan mungkin salah satu caranya yaaa melalui bantuan satu suara saya. Dan khususnya, saya ingin INDONESIA BERUBAH.. Saya ingin negara ini punya presiden yang mau menggerakkan rakyatnya untuk sama-sama bekerja dan memperbaiki negara ini. Hal itulah yang saya lihat pada pak Anies saat ini dan akan terus berlanjut (Insya ALLAH). 

Oia, saya juga suka dengan jalan yang dipilih pak Anies Baswedan untuk kampanye. Tidak perlu mahal karena kampanye yang mahal (pasti) akan ditagih dimasa jabatan. Hehehehe


Buat kamu yang belum mengenal beliau, segeralah gugling. Cari tahu tentang beliau. Dan, mari Ikut andil dalam programnya.. Sudah saatnya kamu dan kamu (saya juga tentunya) menjadi pemilih yang cerdas. Jakarta sudah punya Jokowi, Surabaya sudah punya Tri Rismaharini, Bandung sudah punya Ridwan Kamil, Bantaeng sudah punya Nurdin Abdullah. Giliran Indonesia yang harus punya Anies Baswedan..!


 AYO TURUN TANGAN.. UNTUK INDONESIA YANG LEBIH BAIK...!Karena INDONESIA ini, INDONESIA KITA SEMUA..!




Tidak ada komentar:

Posting Komentar