Jumat, 22 Februari 2013

Makan malam special



Alhamdulillah. Kata itu terus berulang-ulang kuucapkan setelah melihat menu makan malam yang terhidang di meja makan. Menu makan malamku hari ini yaitu konro. Salah satu makanan khas Makassar. Cukup special menurutku. Namun sayangnya, menu special ini tidak dapat dinikmati oleh seluruh anggota keluargaku. 2 kakak laki-lakiku beserta istrinya tidak dapat hadir bergabung dengan kami di rumah. “Laenk, ambil disini punyamu” panggil ibuku dari dalam dapur. Punyaku memang sedikit berbeda dengan yang lain. Jika makan konro, sebagian besar anggota keluargaku meminta daging dan iganya yang banyak. Tapi, tidak buatku. Aku jauh lebih menyukai kuah dari konro itu sendiri. setelah mengambil pesananku, aku mulai meracik rasa di meja makan. Sepotong jeruk, garam secukupnya, serta daun bawang dan tak lupa sambal tumis yang banyak. Maklum, aku merupakan salah satu penggemar masakan pedas. Setelah rasanya pas, mulai kunikmati makananku bersama nasi. Hmmm,,, “Manyus” ucapku dalam hati. Berkali-kali kutambahkan nasi ke piringku. Melihat aku makan dengan lahap, Ba’baku (ayahku) dengan sengaja menambahkan beberapa tulang iga ke mangkukku. Aku hanya tersenyum, lalu melanjutkan makanku. “makanan ini tidak boleh disisakan” gumamku dalam hati sambil terus memasukkan kuah konro dan nasi ke mulutku. Setelah selesai makan, tak hentinya aku mengucapkan syukurku ke ALLAH SWT. Meski keluargaku tidak semuanya bisa berkumpul, tapi, aku tetap bersyukur akan menu makan malam yang special ini. J

#RatihLaenkJohor

Tidak ada komentar:

Posting Komentar